Menjadi fullstack javascript engineer udah biasa, tapi menjadi fullstack swift engineer jarang terjadi! so, jadilah salah satunya.  Aplikasi mobile bisa disebut client-side atau frontend dan biasanya yang melayani frontend disebut backend. Karena ruang lingkup bekerja backend ada di server, bisa di bilang backend itu server-side. Umumnya backend engineer membangun aplikasinya memakai bahasa java, go, python, javscirpt , ataupun ruby. Akan tetapi saat ini bahasa swift pun bisa di pakai untuk membangun aplikasi backend.

Banyak sekali framework untuk memakai swift disisi server, seperti kitura, perfect, dan vapor. Dari ketiga framework itu, yang paling populer saat ini adalah vapor.

Saya memilih vapor untuk membuat aplikasi backend, karena sampai saat ini core modulenya selalu update.

Sebelum mengembangkan aplikasi backend menggunakan vapor, ada beberapa syarat:

  1. Xcode, untuk text editornya
  2. Vapor-CLI

Running Vapor Project

Untuk nge run project vapor, saya selalu memakai command swift run di terminal. Untuk pertama kalinya running, aplikasi selalu ngedownload dependencies yang terdaftar di Package.swift dan cukup memakan waktu. Tapi untuk running kedua dan seterusnya (dengan catatan nama file tidak diubah) akan lebih cepat.

Hindari running aplikasi server-side swift melalui tombol play (build) di Xcode.

Selalu rungging aplikasi server-side swift melalui terminal.

Add Package Swift Module

Xcode akan download secara otomotasi jika kita menambahkan module di Package.swift . Dan jika aplikasi di run ulang melalui terminal, maka seperti biasa akan download dependencies yang baru saja ditambahkan.

Jadi dalam developing aplikasi server-side swift selalu gunakan Xcode untuk editing code dan gunakan Terminal untuk run aplikasi.

Rename Project Swift

Sebelum merename project server-side swift bersihkan dulu build folder dengan 2 cara:

  1. Buka project yang akan di rename dengan Xcode, pilih Product -> Clean Build Folder di Navbar Xcode atau tekan `Shift+Command+K`.
  2. Arahkan directory Terminal ke project yang akan di rename, lalu ketikkan perintah vapor clean. Setelah itu vapor-cli akan ngebersihin folder .build

Jika folder .build sudah terhapus, maka project swift siap di rename.